Kelompok 3 :
Febry
Rizky Ramadhan (14514131)
Fiky
Dwi Hardiyanto (14514227)
Fuddy
Pratama Agrianto (14514402)
Haezah
Nur Shadrina (14514666)
Hani
Hasrifah (14514742)
Ilham
Pratama K (15514159)
Indah
Anugrah Sari (15514253)
Indah
Permatasari (15514272)
2PA19
KATA
PENGANTAR
Puji syukur kami panjatkan kehadirat Tuhan Yang Maha
Esa karena dengan rahmat, karunia, serta taufik dan hidayah-Nya lah kami dapat
menyelesaikan makalah ini sebatas pengetahuan dan kemampuan yang dimiliki. Dan
juga kami berterima kasih kepada Ibu Vonny Wijaya selaku Dosen mata kuliah Psi&Teknologi Internet
yang telah memberikan tugas ini kepada kami. Kami sangat berharap makalah ini
dapat berguna dalam rangka menambah wawasan serta pengetahuan kita. Adapun makalah ini ditulis dari hasil
yang diperoleh dari berbagai sumber yang berkaitan dengan Social
Network serta infomasi dari media massa yang berhubungan dengan tema.
Semoga makalah sederhana ini dapat dipahami bagi siapapun yang membacanya.
Sekiranya laporan yang telah disusun ini dapat berguna bagi saya sendiri maupun
orang yang membacanya. Sebelumnya kami mohon maaf apabila terdapat kesalahan
kata-kata yang kurang berkenan dan kami mohon kritik dan saran yang membangun
demi perbaikan di masa depan.
Apa Itu Jejaring Sosial?
Jejaring sosial adalah struktur sosial
yang terdiri dari elemen-elemen individual atau organisasi. Jejaring ini
menunjukan jalan dimana mereka berhubungan karena kesamaan sosialitas, mulai
dari mereka yang dikenal sehari-hari sampai dengan keluarga. Istilah ini
diperkenalkan oleh profesor J.A. Barnes di tahun 1954. Analisis
jaringan jejaring sosial memandang hubungan sosial sebagai simpul dan ikatan.
Simpul adalah aktor individu di dalam jaringan, sedangkan ikatan adalah
hubungan antar aktor tersebut. Bisa terdapat banyak jenis ikatan antar simpul.
Penelitian dalam berbagai bidang akademik telah menunjukkan bahwa jaringan
jejaring sosial beroperasi pada banyak tingkatan, mulai dari keluarga hingga negara, dan memegang
peranan penting dalam menentukan cara memecahkan masalah, menjalankan
organisasi, serta derajat keberhasilan seorang individu dalam mencapai
tujuannya.
Dalam bentuk yang paling sederhana, suatu jaringan jejaring sosial adalah
peta semua ikatan yang relevan antar simpul yang dikaji. Jaringan tersebut
dapat pula digunakan untuk menentukan modal sosial aktor individu. Konsep ini
sering digambarkan dalam diagram jaringan sosial yang mewujudkan simpul sebagai
titik dan ikatan sebagai garis penghubungnya. Pemikiran Tentang Jejaring
Sosial Oleh Para Ahli dikemukakan oleh Robert M.Z Lawang, jaringan merupakan
terjemahan dari network, yang berasal dari dua suku kata yaitu net dan work.
Net diterjemahkan dalam bahasa sebagai jaringan, yaitu tenunan seperti jala,
terdiri banyak ikatan antar simpul yang saling terhubung antara satu sama lain.
Sedangan kata Work bermakna sebagai kerja. Sedangkan menurut Mitchell J. Clyde
ada dua konsep yang harus dipahami dalam jaringan sosial , antara lain:
- Jaringan sosial sebagai suatu konsep metaporik: jaringan sosial hanya dilihat sebagai suatu rangkaian antar hubungan (inter-relationship) dalam suatu istem sosial.
- Jaringan sosial sebagai suatu konsep analitis: jaringan sosial tidak hanya dilihat sebagai jaringan yang khusus saja, tetapi juga bagaimana karakteristik dari hubungan-hubungan yang ada sehingga kemudian dapat dipergunakan untuk menginterpretasikan tingkah laku sosial dari orang- orang yang terlibat didalamnya.
Dari apa yang ada ini akhirnya dapat memperlihatkan bahwa jaringan sosial
itu dapat digunakan untuk menginterpretasi tingkah laku individu dalam berbagai
keadaan sosial. Mitchell J Clyde mengungkapkan ada dua karakteristik penting
dari jaringan sosial, yaitu :
a.
Karakteristik Morphologi
Karakter ini dilihat dari aspek stuktural tingkah laku sosial individu yang
ada dalam jaringan. Karakteristik antara lain :
·
Anchorage, totalitas yang
dibentuk dalam suatu jaringan.
·
Reachability, derajat dimana tingkah
laku individu dipengaruhi oleh hubungannya dengan individu lain.
·
Densitas, derajat dimana
terdapat keterhubungan antara individu satu dengan yang lain.
·
Range, menunjuk pada jumlah
individu yang melakukan kontak secara langsung dengan individu yang berada
dalam jaringan.
b.
Karakteristik Interaksional
Dilihat dari tingkah laku individu, dari proses interaksi yang terjadi
antara satu individu dengan individu lain . Karakter jenis ini antara lain :
·
Content, merupakan hal penting yang harus
diperhatikan, antara lain:
·
Directedness, perlu dibicarakan
karena dalam suatu jaringan dapat terlihat apaah suatu hubungan antar individu
satu dengan yang lain hanya berupa hubungan yang berorientasi dari satu
individu ke individu lainnya.
·
Durability, jaringan sosial itu
ada jika individu menyadari hak dan kewajiban untuk mengidentifikasikan orang
lain.
·
Intensitas, hubungan dalam suatu
jaringan sosial dapat dilihat dari derajat dimana individu dipersiapkan untuk
memiliki tanggung jawab atau memiliki kebebasan untuk mengekspresikan haknya
dalam hubungannya dengan orang lain.
·
Frekuensi, merupakan
karakteristik nyata dari interaksi dalam suatu jaringan yang dapat dilihat
secara simple dalam uantitasnya yaitu kontak antara individu dengan jaringan.
Sejarah Jejaring Sosial
Sejak komputer dapat dihubungkan satu dengan lainnya dengan adanya internet
banyak upaya awal untuk mendukung jejaring sosial melalui komunikasi antar
komputer.
Situs jejaring sosial diawali oleh
Classmates.com pada tahun 1995 yang berfokus pada hubungan antar mantan teman
sekolah dan SixDegrees.com pada tahun 1997 yang membuat ikatan tidak langsung.
Dua model berbeda dari jejaring sosial yang lahir sekitar pada tahun 1999
adalah berbasiskan kepercayaan yang dikembangkan oleh Epinions.com, dan
jejaring sosial yang berbasiskan pertemanan seperti yang dikembangkan oleh Uskup Jonathan yang kemudian dipakai
pada beberapa situs UK regional di antara 1999 dan 2001. Inovasi meliputi tidak
hanya memperlihatkan siapa berteman dengan siapa, tetapi memberikan pengguna
kontrol yang lebih akan isi dan hubungan. Pada tahun 2005, suatu layanan
jejaring sosial MySpace, dilaporkan lebih banyak diakses dibandingkan Google
dengan Facebook, pesaing yang tumbuh dengan cepat. Jejaring
sosial mulai menjadi bagian dari strategi internet bisnis sekitar tahun 2005
ketika Yahoo meluncurkan Yahoo! 360°. Pada bulan juli 2005 News Corporation
membeli MySpace, diikuti oleh ITV (UK) membeli Friends Reunited pada Desember
2005. Diperkirakan ada lebih dari 200 situs jejaring sosial menggunakan model
jejaring sosial ini.
Macam-Macam Situs Jejaring Sosial
Macam-macam situs
jejaring sosial antara lain sebagai berikut :
1.
MySpace
MySpace adalah situs jaringan sosial
populer yang menawarkan jaringan antar teman, profil pribadi, blog, grup, foto,
musik dan video untuk remaja dan dewasa di seluruh dunia. Markas situs ini
terletak di Beverly Hills, California, Amerika Serikat. Tetapi pada tahun 2005,
News Corp membeli MySpace dengan harga 580 juta dollar AS dan MySpace resmi
berpindah tangan menjadi milik News Corporation.
2.
Friendster
Friendster, yang ide penamaannya berasal
dari nama Napster, adalah sebuah situs web jaringan sosial di mana seorang
pengguna akan membuat identitas maya dan kemudian mengisi data dirinya untuk
kemudian mendapatkan account di Friendster. Dalam Friendster, kita juga dapat
melihat teman dari teman kita dan teman dari teman dari teman kita, selain
melihat teman kita sendiri. Friendster dimulai sejak tahun 2002 oleh
Jonathan Abrams dan sekarang sudah melewati masa beta test. Sejak awal 2005,
Friendster juga telah memulai fitur blog. Bahasanya juga sudah multi-language.
Dan kini sudah ada versi untuk mobile-nya.
3.
Facebook
Facebook adalah situs web jaringan sosial
yang diluncurkan pada 4 Februari 2004 dan didirikan oleh Mark Zuckerberg,
seorang lulusan Harvard dan mantan murid Ardsley High School. Keanggotaannya
pada awalnya dibatasi untuk siswa dari Harvard College. Dalam dua bulan
selanjutnya, keanggotaannya diperluas ke sekolah lain di wilayah Boston (Boston
College, Boston University, MIT, Tufts), Rochester, Stanford, NYU,
Northwestern, dan semua sekolah yang termasuk dalam Ivy League. Banyak
perguruan tinggi lain yang selanjutnya ditambahkan berturut-turut dalam kurun
waktu satu tahun setelah peluncurannya. Akhirnya, orang-orang yang memiliki
alamat surat-e suatu universitas (seperti .edu, .ac.uk, dll) dari seluruh dunia
dapat juga bergabung dengan situs ini.
Selanjutnya dikembangkan pula jaringan untuk sekolah-sekolah tingkat atas dan beberapa perusahaan besar. Sejak 11 September 2006, orang dengan dengan alamat surat-e apa pun dapat mendaftar di Facebook. Pengguna dapat memilih untuk bergabung dengan satu atau lebih jaringan yang tersedia, seperti berdasarkan sekolah tingkat atas, tempat kerja, atau wilayah geografis. Hingga Juli 2007, situs ini memiliki jumlah pengguna terdaftar paling besar di antara situs-situs yang berfokus pada sekolah dengan lebih dari 34 juta anggota aktif yang dimilikinya dari seluruh dunia. Dari September 2006 hingga September 2007, peringkatnya naik dari posisi ke-60 ke posisi ke-7 situs paling banyak dikunjungi, dan merupakan situs nomor satu untuk foto di Amerika Serika, mengungguli situs publik lain seperti Flickr, dengan 8,5 juta foto dimuat setiap harinya.
Selanjutnya dikembangkan pula jaringan untuk sekolah-sekolah tingkat atas dan beberapa perusahaan besar. Sejak 11 September 2006, orang dengan dengan alamat surat-e apa pun dapat mendaftar di Facebook. Pengguna dapat memilih untuk bergabung dengan satu atau lebih jaringan yang tersedia, seperti berdasarkan sekolah tingkat atas, tempat kerja, atau wilayah geografis. Hingga Juli 2007, situs ini memiliki jumlah pengguna terdaftar paling besar di antara situs-situs yang berfokus pada sekolah dengan lebih dari 34 juta anggota aktif yang dimilikinya dari seluruh dunia. Dari September 2006 hingga September 2007, peringkatnya naik dari posisi ke-60 ke posisi ke-7 situs paling banyak dikunjungi, dan merupakan situs nomor satu untuk foto di Amerika Serika, mengungguli situs publik lain seperti Flickr, dengan 8,5 juta foto dimuat setiap harinya.
4.
Twitter
Twitter adalah suatu situs web layanan
jaringan sosial dan mikroblog yang memberikan fasilitas bagi pengguna untuk
mengirimkan "pembaharuan" berupa tulisan teks dengan panjang maksimum
140 karakter melalui SMS, pengirim pesan instan, surat elektronik, atau
aplikasi seperti Twitterrific dan Twitbin. Twitter didirikan pada Maret 2006
oleh perusahaan rintisan Obvious Corp. Kesuksesan Twitter membuat
banyak situs lain meniru konsepnya, kadang menawarkan layanan spesifik lokal
suatu negara atau menggabungkan dengan layanan lainnya. Suatu sumber bahkan
menyebutkan bahwa paling tidak ada 111 situs web yang memiliki layanan mirip
dengan Twitter.
5.
Orkut
Situs jejaring sosial ini dilaunching pada
tanggal 22 Januari 2004 oleh Google Inc. Situs ini merupakan dari karyawan
Google sendiri, jadi bukan merupakan hasil akuisisi dari pihak manapun. Dinamai
Orkut, karena nama itu sebagai bentuk dedikasi Google terhadap kreatornya yang
bernama Orkut Büyükkökten. Orkut
tidak begitu populer di Indonesia. Seperti yang saya kutip dari Wikipedia,
pengguna Orkut kebanyakan dari negeri Samba (Brasil) dengan presentase sebesar
51.09% kemudian diikuti oleh India 20.02% (Data dirilis Desember 2009). Orkut
juga mendukung banyak bahasa (multilingual) seperti jejaring sosial pada
umumnya. Orkut memiliki jumlah user sebanyak 200 juta orang diseluruh dunia.
6.
Yahoo! Meme
Istilah ini diambil dari sebuah buku
berjudul "The Selfish Gene" karya Richard Dawkins yang diterbitkan
pada tahun 1976. Kata "meme" menurut Richard Dawkins mengacu pada
suatu kepingan kecil dari budaya atau perilaku yang kemudian menduplikasi
menjadi banyak di kalangan orang-orang, serupa dengan yang terjadi pada gen dalam
bidang biologi. Jadi harapan Yahoo! memberi nama "Meme" tidak lain
tidak bukan supaya Yahoo! Meme menyebar dengan cepat, seperti duplikasi gen
dalam biologi. Yahoo! Meme hampir mirip seperti Twitter. Kenapa mirip ?
Yahoo! Meme memiliki kemiripan fitur seperti Twitter yakni @reply (balasan) dan
direct messages. Meme juga memiliki kemiripan lainnya yakni menganut sistem
follower seperti Twitter dan juga Repost (yang dalam Twitter dikenal dengan
Retweet).
7.
Tumblr
Tumblr, sekarang menjadi salah satu jejaring
yang banyak diminati kalangan muda. Salah satu micro-blog atau jejaring sosial
yang anda dapat coba. Tumblr dibuat oleh David Karp pada tahun 2007 dan sampai
sekarang sudah memiliki user kurang lebih sebanyak 3 juta orang. Berdasarkan
posting David Karp di Tumblr Staff blog pada 15 Maret 2010, rata-rata 2.000.000
posting dibuat dan 15.000 pengguna baru setiap harinya.
8.
Plurk
Plurk, pasti sudah banyak yang dengar dan
pakai jejaring sosial satu ini. Plurk dirilis pada tanggal 12 Mei 2008. Plurk
sendiri sangat populer di Taiwan, Filiphina dan Indonesia. Plurk sendiri
merupakan akronim dari Peace, Love, Unity, Respect dan Karma. Plurk memiliki
keunikan tersendiri dibanding dengan jejaring sosial lainnya, yakni plurk akan
memberikan reward kepada plurker (sebutan bagi user plurk)
yang dikenal dengan nama karma. Karma akan diberikan berdasarkan jumlah response terhadap plurk yang di posting seseorang, keaktifan dalam
pertemanan dan jumlah perekrutan anggota baru.
9.
Google +
Yak. Ini dia layanan jejaring sosial yang
paling anyar dari Google. Setelah (mungkin) gagal dengan jejaring sosial atau
layanan yang dulu pernah dirilis seperti Orkut, Google Wave dan Google Buzz
akhirnya Google mampu berbangga hati. Layanan terbaru dari Google ini meskipun
masih versi beta, namun sudah banyak teman-teman saya yang tak sabar ingin
menjajal fitur apa saja yang ada di dalamnya. Google + (Plus.red)
ternyata sudah mampu menyedot perhatian banyak orang dan termasuk saya. Menurut
para pakar IT, Google + merupakan pesaing kuat bagi Facebook, bahkan Google
sendiri sepertinya merasa bahwa Google + tidak lama lagi akan menggulingkan
Facebook. Tapi sayangnya
untu saat ini, Google + hanya dapat digunakan bagi segelintir orang saja dan
hanya bisa dinikmati via undangan dari para pengguna yang sudah terdaftar
karena Google + untuk saat ini masih dalam uji coba alias beta version.
10.
Heello
Ya, ini dia salah satu jejaring sosial (social networking) terbaru setelah
Google + (Plus) yang di rilis bulan Juni lalu. Jejaring sosial yang satu ini
baru saja dirilis beberapa hari yang lalu (Rabu, 13/8/2011). Heellodigadang-gadang bakal jadi pesaing
utama twitter. Heello di
dibuat dan dirilis oleh Noah Everett(yang juga
"menemukan" Twitpic). Bisa dibilang ini Hello
merupakan kloning dari saudara tuanya yakni Twitter. Lihat saja beberapa
tampilannya yang hampir mirip. Mulai dari batas karakter untuk sharing status,
username yang menggunakan @username seperti Twitter, Replies dan sebagainya.
Manfaat
Jejaring Sosial
Tidak selamanya jejaring sosial itu buruk. Tapi juga memiliki manfaat
positif kok jika kita menilai dan memanfaatkan secara positif. Inilah beberapa manfaat positif Jejaring Sosial :
·
Mempelopori Gerakan Reformasi dan Revolusi
Baca Lebih Lengkapnya tentang “Facebook dan Twitter Mempermudah Revolusi
dan Reformasi.” Memang kedua ini adalah solusi terbaik dalam menyampaikan
pendapat.
·
Menjadikan orang lebih percaya diri
Sebuah penelitian di Inggris membuktikan. Para pengguna jejaring sosial itu
memiliki tingkat kepercaya dirian yang lebih tinggi daripada yang tidak. Karena
mereka itu sering mengupload foto-foto yang bergitu narsisi dengan tingkat
kepercayaan diri yang tinggi.
·
Mempermudah
Komunikasi
Yang namanya jejaring sosial itu adalah tempat untuk berkomunikasi. Tapi berkomunikasinya lewat sebuah media yang bernama internet.
·
Mempermudah menyampaikan informasi
Kemungkinan Masa Depan itu adalah Masa yang serba Online dan serba
internet. Maka dari itu untuk mempermudah menyampaikan informasi itu ya harus
menyampaikannya dari jejaring sosial, karena jejaring sosial itu memiliki
trafik kunjungan yang besar.
·
Bisa mendapatkan uang dari
Bisnis Online
Dengan jejaring sosial kita juga bisa mendapatkan uang. Misalnya, anda
memiliki Twitter yang difollow oleh 100 orang. Saya sarankan anda itu harus
menguangkan Twitter anda dengan cara menjadi publisher di revtwt. Karena revtwt
akan membayar per klik dari link yang anda promosikan dari tweet anda.
·
Bisa berekspresi sebebas-bebasnya
Maksudnya kita itu memiliki hak dan
kewajiban untuk menyampaikan pendapat. Tapi menyampaikan pendapat secara sopan
dan berekspresi dengan sopan dan bertanggung jawab. Misalnya, kita membagikan
link di akun twitter kita. Tapi link tersebut isinya tentang ilmu pendidikan /
hal yang bermanfaat.
·
Menyelamatkan
kita dari aksi kriminal
Ada sebuah kasus bahwa ada seorang facebooker yang selamat dari aksi
maling. Pada saat itu ada maling masuk ke rumahnya dan menahan salah satu
anggota keluarganya. Lalu dia mengupdate status yang berbunyi “HELPPP!.” Dan
banyak temanya yang menanggapinya sebagai guroan tapi akhirnya dia menyakinkan
temanya bahwa itu serius. Lalu salah satu temannya menelepon 911 dan polisi
langsung ke TKP dan khirnya malin tersebut tertangkap karena maling tersebut
belum sempat kabur
·
Social
network juga dapat bermanfaat di segi pendidikan.
Jika kita menggunakan social network dengan bijak, dan dengan
kegiatan-kegiatan
positif maka penggunaan social network itu sendiri dapat dioptimalkan manfaatnya yaitu dapat mempercepat atau membantu
proses belajar mengajar dengan cara forum diskusi formal dengan
tutor.
Tips untuk
menggunakan Jaringan Sosial
Situs web
jaringan sosial seperti MySpace, Facebook, dan windows Live Spaces layanan
masyarakat yang dapat digunakan untuk terhubung dengan orang lain untuk berbagi
informasi seperti foto, video, dan pesan pribadi. Sebagai popularitas situs
sosial ini tumbuh, demikian juga dengan resiko mereka. Hacker, spammer, penulis
virus, pencuri identitas dan tindakan kriminal lainnya.
Tips-tips
untuk membantu melindungi diri sendiri ketika anda menggunakan jaringan sosial
:
a. Gunakan
hati-hati bila anda klik link yang anda, terima dalam pesan dari teman-teman anda di situs web sosial. Memperlakukan link dalam pesan di situs tersebut
seperti yang ditampilkan adalah email.
b. Jangan percaya bahwa psan-pesan itu benar dari yang mengatakan itu dari hacker dapat masuk ke account dan mengirim pesan yang terlihat dari
teman-teman anda. Jika anda menduga bahwa pesan yang palsu, menggunakan metode
alternatif untuk menghubungi teman anda untuk cari tahu. Ini termasuk undangan
untuk bergabung dengan jaringan sosial baru.
c. Untuk menghindari diri memberikan alamat email dari teman-teman anda, tidak
membolehkan layanan jaringan sosial untuk memindai email anda buku alamat. Bila
anda bergabung dengan jaringan sosial, anda mungkin menerima tawaran anda untuk
memasukkan email dan passwordnya untuk mengetahui siapa lagi yang ada
dijaringan. Situs ini dapat menggunakan informasi ini untuk mengirim email ke
setiap orang dalam daftar kontak anda atau bahkan semua orang yang anda pernah
menerima pesan email ke dengan alamat email.
d. Ketik alamat situs jaringan sosial anda langsung ke dalam browser atau
menggunakan penanda pribadi. Jika anda
klik link ke situs anda melalui email atau situs web lain. Anda mungkin akan
memasukkan nama account dan password ke situs palsu dimana informasi pribadi
anda dapat dicuri.
e. Selektif tentang siapa yang akan anda terima sebagai teman di jaringan
sosial. Pencuri identitas palsu mungkin membuat profit untuk mendapatkan
informasi dari anda. Hal ini dikenal sebagai social engineering.
Dampak negatif Jejaring Sosial
a. Anak dan remaja menjadi
malas belajar berkomunikasi di dunia nyata. Tingkat pemahaman bahasapun menjadi
terganggu. Jika anak terlalu banyak berkomunikasi di dunia maya.
b.
Situs jejaring sosial akan membuat anak dan remaja lebih mementingkan diri
sendiri. Mereka menjadi tidak sadar akan lingkungan di sekitar mereka, karena
kebanyakan menghabiskan waktu di internet. Hal ini dapat mengakibatkan menjadi
kurang berempatik di dunia nyata.
c.
Bagi anak dan remaja, tidak ada aturan ejaan dan tata bahasa di situs
jejaring sosial. Hal ini membuat mereka semakin sulit untuk membedakan antara
berkomunikasi di situs jejaring sosial dan di dunia nyata.
d. Situs jejaring sosial
adalah lahanyang subur bagi predator untuk melakukan kejahatan. Kita tidak akan
pernah tahu apakah seseorang yang baru kita dikenal anak kita di internet
menggunakan jati diri yang sesungguhnya atau tidak.
Dampak positif Jejaring Sosial
a. Anak dan remaja dapat belajar
mengembangkan ketrampilan teknis dan sosial yang sangat dibutuhkan di era
digital seperti sekarang ini. Mereka akan belajar beradaptasi, bersosialisasi
dengan publik dan mengelola jaringan pertemanan.
b.
Memperluas jaringan pertemanan. Berkat situs jejaring sosial ini anak
menjadi lebih mudah berteman dengan orang lain di seluruh dunia. Meskipun
sebagian besar diantaranya tidak pernah mereka temui secara langsung.
c.
Anak dan remaja akan termotivasi untuk belajar mengembangkan diri melalui
teman-teman yang mereka jumpai secara online, karena mereka berinteraksi dan
menerima umpan balik satu sama lain.
d. Situs jejaring sosial
membuat anak dan remaja menjadi lebih bersahabat, perhatian dan empati.
Misalnya memberikan perhatian saat ada teman mereka berulang tahun,
mengomentari foto, video dan status teman mereka, menjaga hubungan persahabatan
meski tidak dapat bertemu secara fisik.
KESIMPULAN
Pada pokok
pembahasan ini dapat penulis simpulkan beberapa inti pokok dari pembahasan
makalah. Jejaring
sosial adalah wadah dimana kita dapat bertemu dengan orang lain yang berbeda
tempat, meskipun kita berada pada tempat yang berjark sangat jauh sekalipun. Jejaring sosial ada beberapa jenis dan keunggulannya masing-masing. Tinggal
user ingin memilih yang mana. Yang lebih bermanfaat bagi user. Jejaring sosial ada dampak positif dan dampak negatifnya. Tergantung user
bagaimana memanfaatkan jejaring sosial itu sendiri.
SARAN
Berbahaya atau tidaknya situs jejaring sosial itu tergantung pada bagaimana
kita mewaspadai hal-hal yang
tidak diinginkan itu agar tidak terjadi. Oleh karena itu, sebaiknya para orang
tua lebih mengawasi anak-anaknya
ketika mereka sudah mulai berjejaring lewat dunia maya, peran pemerintah dan
lembaga pendidikan juga penting disini, yakni memberikan penyuluhan tentang
bahaya berjejaring di dunia maya. Dengan begitu mereka secara perlahan akan
mengerti dan bisa bertindak waspada ketika mereka sedang bermain atau
berjejaring di dunia maya dan secara tidak langsung tindakan tersebut dapat
mengurangi kasus-kasus yang
ada akibat situs jejaring sosial.
DAFTAR PUSTAKA
Nawawi, Ridwan. 2008. Analisis Dan
Perancangan Aplikasi Jejaring Sosial Penjualan Berbasis Web.
Manfaat
Social Network Yang Sebenarnya Write everything.htm
Tidak ada komentar:
Posting Komentar